FAQ Danamon API Central

Add questions and answers here.

Apa itu Danamon API Central ?

Danamon API Central adalah Application Programming Interfaces (APIs) yang dikembangkan oleh Danamon sehingga memungkinkan terjalinnya interaksi antara aplikasi yang dimiliki oleh pihak ketiga (third-party application) dengan layanan perbankan Danamon.

Mengapa harus menggunakan Danamon API Central ?

Danamon API Central menyediakan feature/service yang bisa Anda gunakan untuk menghubungkan aplikasi internal Anda dengan Aplikasi di Bank Danamon.

Siapa yang dapat menggunakan Danamon API Central ?

Portal Danamon API Central ini terbuka untuk pihak ketiga (third-party) manapun.

Apa saja feature yang disediakan pada layanan Danamon API Central ?

Bank Danamon menyediakan fasilitas sandbox, data dummy, dan identitas akses (API key, API secret, Client ID, Client Secret) untuk keperluan simulasi Anda.

Apa keuntungan menggunakan Danamon API Central ?

Anda dapat secara independen melakukan simulasi aplikasi antara sistem anda dengan sistem Bank Danamon sehingga tahapan testing bisa dilakukan lebih efisien.

Apakah kegunaan dari sandbox Danamon API Central ?

Sandbox Danamon API Central adalah fasilitas yang disediakan Bank Danamon untuk simulasi antara sistem pihak ketiga (third-party) dengan layanan perbankan Bank Danamon. Sistem Sandbox ini dibuat untuk melakukan simulasi request dan response menggunakan data dummy yang telah disediakan.

Apakah yang dimaksud dengan API key, API secret, client ID dan Client secret ?

API key, API secret, client ID dan Client secret merupakan data rahasia yang menjadi identitas Anda untuk melakukan simulasi pada Sandbox. API key, API secret, Client ID, dan Client Secret didapatkan setelah Anda mendaftarkan aplikasi.

Apakah terdapat biaya untuk menggunakan Danamon API Central ?

Untuk saat ini, kami tidak memungut biaya kepada pihak ketiga (third-party).

Bagaimana untuk bertanya-tanya lebih lanjut tentang Danamon API Central ?

Silahkan untuk mengirimkan email ke api.support@danamon.co.id.

Apakah saya bisa request service baru kepada Danamon API Central ?

Bisa, silahkan kirim email melalui halaman Kontak Kami pada Portal Danamon API Central, pilih Subject "Permintaan Layanan Baru" dan ketikan body email dengan format :

  • Nama
  • Nomor Kontak
  • Email Kontak
  • Tuliskan kebutuhan Anda terhadap API

Apabila Anda sudah register pada API Portal, maka format email adalah :

  • Nama
  • Nomor Kontak
  • Email Kontak
  • Tuliskan Service yang saat ini Anda gunakan
  • Tuliskan Problem atau inquiry yang Anda alami pada Sandbox API

Bagaimana cara Register sebagai user ?

Pada bagian bawah Form Login terdapat link untuk Register, Tekan Link tersebut, maka akan tampil Form Register. Silahkan isikan data Anda seperti :

  • Nama Lengkap
  • E-mail
  • Password

Kemudian lakukan aktivasi user ID menggunakan link yang dikirimkan oleh api.support@danamon.co.id ke email Anda. Terakhir, lakukan Sign in ke portal Danamon API Central di https://developer.danamon.co.id

Apa yang dimaksud invitation code pada saat sign in ke portal Danamon API Central ?

Invitation code adalah kode yang diberikan kepada pihak ketiga (third-party) yang telah memenuhi kriteria tertentu dan/atau telah melakukan perjanjian kerjasama dengan Bank Danamon untuk mengakses katalog API yang lebih lengkap.

Apakah saya dapat melakukan sign in tanpa invitation code ?

Bisa, Anda tetap dapat mengakses katalog API yang tersedia untuk diakses secara umum.

Bagaimana cara User/Nasabah mendapatkan invitation code ?

Anda dapat mengirimkan e-mail ke api.support@danamon.co.id dan menanyakan informasi terkait kerjasama

Bagaimana cara menggunakan Danamon API Central ?

  • Lakukan sign in ke portal Danamon API Central.
  • Daftarkan aplikasi Anda dengan cara mengisi formulir "Create Application" pada Tab “Applications” di halaman portal.
  • Pilih layanan API yang tersedia di katalog dan diakhiri dengan klik tombol "Save Application".
  • Pada layanan API yang telah dipillih, klik "Edit the Application" dan akan tampil form untuk Generate API key, API secret, Client ID, dan Client Secret.
  • Lakukan simulasi layanan API pada Sandbox API dengan menggunakan data dummy yang telah disediakan.

Bagaimana memilih API yang saya butuhkan di aplikasi saya ?

Pada proses pendaftaran aplikasi, Anda dapat memilih API yang dibutuhkan dengan cara memilih Danamon API Central yang tersedia atau melalui pilihan edit application pada halaman Application

Apakah saya butuh access token baru setiap mencoba service ?

Tidak. Anda dapat menggunakan access token untuk seluruh servis yang tersedia dengan batas waktu penggunaan selama 1 jam. Setelah lebih dari 1 jam,token akan expired dan Anda dapat melakukan permintaan access token yang baru.

Jika saya memiliki 2 atau lebih aplikasi (walaupun menggunakan API yang sama), apakah butuh access token berbeda ?

Ya. Masing-masing aplikasi akan memiliki credentials yang berbeda, sehingga anda harus melakukan request access token untuk masing-masing aplikasi tersebut.

Kapan saya akan mendapatkan API Key untuk pengujian ?

API key akan Anda dapatkan setelah Anda menyelesaikan proses Register dan melakukan Login ke Web Portal Danamon API Central. Dengan API key ini, Anda dapat mengakses API Sandbox yang menyediakan data dummy untuk melakukan Testing terhadap feature/service yang ada di Danamon API Central .

Bagaimana jika User/Nasabah lupa password untuk masuk (sign in) ke portal ?

Anda dapat klik “Forgot Password” pada halaman sign in.

Berapa minimal password yang bisa diinputkan pada saat Register di Portal Danamon API Central ?

Minimal password yang diinputkan 8

Bagaimana kalau saya lupa email untuk login ?

Silahkan akses halaman Kontak Kami dan kirim email dengan Subject Info API.

Peringatan keamanan untuk User/Nasabah :

  • Bank Danamon tidak pernah meminta password ke User/Nasabah.
  • Mengingatkan User/Nasabah untuk menjaga kerahasiaan password
  • Memberitahukan untuk segera mengganti password baru apabila password sebelumnya telah direset.